Thursday, 4 February 2010

Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi

Berikut ini saya akan mencoba berbagi mengenai printer epson Epson C90, T10, T11, T20, dan mungkin jenis TX yang tidak mendeteksi catridge. Cirinya walaupun printer epson sudah direset, tapi tetep saja lampu merah menyala terus. dan itu menandakan bahwa Catridge tidak terdeteksi.


Memang ada beberapa kemungkinan, Epson Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Catridge tidak pas terpasang di rumah catridge, caranya Lepas catridge dan pasang kembali

2. Pin catridge kotor. caranya : coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yg saya kasih panah ini. Kalau diperlukan kerik aja dg menggunakan cutter. Tapi ngeriknya tipis aja...



3. catridge Epson memang rusak, berarti harus diganti

4. Board Printer Epson rusak. Lha tapi kalo boardnya yang rusak caranya gimana yaa....?

Berikut Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya. Cara menbongkar printer tidak akan saya ulas disini, Anda dapat membacanya di posting ini

2. Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yg saya lingkari itu adalah "fuse atau sekring " kecil. simbolnya F, dan itulah penyebab kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. jadi sekringnya putus. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan Multitester dengan OHMmeternya, kalo nggak menunjuk angka nol berarti sekring putus.


3. Ganti sekring yg putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalo anda susah mencari, diakali aja dengan menggantinya pake kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang.

4. Pasang kembali boardnya dan silahkan dicoba.

Kerusakan catridge epson tidak terdeteksi dengan ciri lampu merah menyala terus ini disebabkan oleh :
1. Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor.
2. Kotoran dan debu yang lembab.
3. Faktor lainnya......

Selamat mencoba .....